Tonight, i'm singin' my blueee ~~~~~

23.13 Indanavetta 0 Comments


Ketika lo mendengar kata Big Bang, ada 3 kemungkinan yang terlintas di kepala lo. Yang pertama adalah teori penciptaan bumi. Yang kedua adalah sitkom terkenal tentang empat orang jenius sekaligus geek (Big Bang Theory :p). Dan yang terakhir tentu saja boyband korea yang konser di MEIS tanggal 12-13 Oktober 2012 ini.

Gak bisa dipungkiri, k-wave udah melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia. Segala hal yang berbau korea emang lagi jadi hip banget. Terutama kpop dengan boyband dan girlband yang cantik-cantik itu. Yep, bahkan cowok-cowoknya (sebagian besar) cantik. Indonesia pun cepat-cepat mengadaptasi gaya kpop ini menjadi ipop, dan bahkan sempet jadi TTWW kpop vs ipop di dunia twitter (which, for me off course, is really ridiculous. Like, seriously ridiculous). Dan Big Bang ada di barisan terdepan dalam gempuran k-wave. Mereka dikenal sebagai revolusioner di dunia musik Korea Selatan sana.

Big Bang, yang terbentuk pada tahun 2006 dan beranggotakan 5 orang cowok : G Dragon, TOP, Taeyang, Daesung, dan Seungri di bawah management YG Entertainment. Awalnya sih publik menilai mereka terlalu jelek dan pendek buat menjadi sebuah grup idola. But look at they now! G Dragon, sang fashionable leader, otak jenius di balik banyak lagu terkenal Big Bang. Taeyang, the lead vocal and the dance machine yang menghipnotis fansnya dengan tarian striptease yang yummy. Daesung, this smiling angel with his voice of heaven yang selalu bikin adem suasana. Seungri, the panda maknae, si trouble-maker kesayangan semua orang. Dan last but not least, T.O.P., the charismatic rapper, dengan aura seksi dan macho yang bisa bikin semua cewek meleleh bahagia :'). They lead the k-wave, all the way!!
Satu hal penting, Big Bang terkenal dengan MV mereka yang beda dari boyband-girlband korea kebanyakan. Dan gue bakalan bikin daftar MV yamg menurut gue sangat top notch, sehingga membuat gue yang sebenernya ga terlalu suka-suka amat sama kpop ini, berani menobatkan diri sendiri sebagai seorang VIP (nama fanbase Big Bang). Dan mungkin setelah baca ini, lo semua juga, mudah-mudahan :p.

1. Love Song


Ini adalah video klip mereka yang pertama gue liat. Saat it gue kaget, di tengah banyaknya video klip boyband yang dansa-dansi ga jelas, mereka tampil beda. Dengan format hitam-putih, di tengah gurun pasir dengan banyak rangka mobil-mobil yang hancur. Gue bahkan ga ngerti mereka nyanyi apaan saat itu (Kecuali bagian "I hate this love song"nya, tentu saja). Tapi gue bisa ngerasain betapa dalam dan perihnya lagu itu. Sebuah lagu tentang cinta, yang gak kedengeran corny ataupun cheesy. Perkenalan yang baik sekali bagi seorang awam seperti gue.


2. Lies



Dibuka dengan adegan G Dragon lari-lari, nelpon seorang cewek, dan kemudian dia ditangkep polisi. Membuat kita bertanya-tanya, ada apa gerangan. Kemudian lagu pun dimulai. Lagunya nge-beat banget. Dan, sekali lagi, walau gue ga ngerti mereka nyanyi apa, tapi gue bisa nangkep nyawa lagunya. Sama-sama lagu tentang cinta, tanpa kesan corny atau cheesy, dan bahkan sangat nge-beat. Video klipnya seperti film pendek, bahkan dengan twist di endingnya. Perfect! 



3. Tonight


Kota Las Vegas jadi latar belakang videonya. Hiruk pikuk malam Las Vegas, dengan lampu-lampu kota, dan juga gurun pasir Nevada. TOP dan Daesung jadi tokoh utama, dimana cewek yang jadi 'teman wanita' TOP ternyata adalah mantan pacar Daesung, dan Daesung galau, masih belum bisa move on. Lagunya? Masih up beat juga. Masih gak ngerti juga gue mereka nyanyi tentang apa, hehehe. Dan lagu ini jadi awal jatuh cintanya gue sama TOP. Lo mesti denger suara bisikannya (bagusnya pake headphone, dengan suara maksimal!) di akhir lagu. Serak, ngebass, dan oh so sexy!!! 


4. Day by Day (Haru-Haru)

Lagunya masih bercerita tentang cinta dan lucunya sangat upbeat sekaligus menyayat hati dalam saat bersamaan. Buat gue, mungkin ini MV mereka yang paling 'sinetron', tapi tetep dong, keren. Video klipnya dibuka dengan TOP yang berpegangan tangan sama seorang cewek..yang ternyata mantan G Dragon. GD kemudian ngerap marah-marah sama TOP, dan mereka berantem, yang dipisahin sama 3 anggota lain. GD masih ga bisa terima TOP sekarang pacaran sama mantannya. Dan ternyata sebenernya mantannya itu sakit parah... and you know the rest of the story. But I love it, really. 



5. Lollipop feat 2ne1



Jadi ceritanya ini adalah lagu untuk sebuah iklan, dan juga debut girlband 2ne1 yang satu manajemen sama mereka. Video klipnya warna-warni. Ceria. Dan enak dipake joget. Kalo kalian suka 2ne1, pasti suka video klipnya. Ada juga sih versi lagu Lollipop 2, masih colorful juga, dengan versi mereka yang sangat goofy (bahkan TOP terlihat sangat konyol disini). Tapi gue lebih suka versi pertamanya.



6. Tell Me Goodbye



Fix, menurut gue ini adalah salah satu video klip terbaik mereka. Ini seperti film pendek khas noir. Elemen-elemen film Noirnya ada. Ada polisi. Penjahatnya ada. Cewek cantiknya juga ada. Alur ceritanya maju-mundur dan acak, membuat gue merangkai sendiri benang merah video klipnya. Dan begitu udah dapet interpretasinya, mencengangkan! Sangat-sangat outstanding, indah, dan menyayat hati.


7. Blue



Dengan latar belakang kota Brooklyn, New York, menciptakan wajah baru untuk kota NY, sendiri. Sendu, lirih, dan bernuansa 'biru'. Dan seperti sebelum-sebelumnya, nyawa dari lagu yang gue tangkep untuk lagunya adalah indah sekaligus sepi.


8. Bad Boy



Masih di kota Brooklyn, namun dengan lagu up beat dan gaya boy band ala 90an, membuat gue teringat sama Backstreets Boys, versi lebih funky dan nyentrik. Lagunya juga beda dari lagu boyband kebanyakan. Bagian reffnya cuma dinyanyikan Taeyang sendiri, sambil berlenggak-lenggok dengan luwes di jalanan kota Brooklyn. Dan bagian "my lay lay lay lay lady" nempel di kepala gue sampe hari ini :).


9. Fantastic Baby



Lagu paling massive dan hip, sekaligus video klip paling absurd dari Big Bang. Super gak jelas, tapi anehnya begitu brainwash. Video dibuka dengan seekor burung hantu, lalu kemudian di sebuah dunia antah berantah dimana musik itu dilarang, Big Bang hadir sebagai pemberontak penyelamat musik. GD hadir dengan rambut menyeramkan. Taeyang dengan badan full tato. TOP ngerap udah kayak orang baca mantra ngusir setan dengan rambut dan alis birunya. Daesung dirantai, dan memamerkan badan seksinya, plus Seungri dengan 4 sex kitten yang ngenes super ga jelas. Absurd. Tapi mencuci otak lo. Dan membuat gue selalu bernyanyi, "I wanna dan, dan, dan, dance~"


10. Monster



Dari album Still Alive, yang baru rilis 3 Juni 2012 kemaren, sebuah video klip yang bener-bener epic.  Big Bang hadir sebagai 'monster', di sebuah bangunan yang hancur, penuh ledakan, dan rentetan tembakan. Lupakan rambut GD disini, gaya rambut Taeyang yang justru saking absurdnya ngalahin GD di Fantastic Baby. Jangan lupa dengan lirik "I love you, baby I'm not a Monster." Well, I don't care if you are a monster, TOP (sambil menatap penuh cinta).

Sebenernya masih banyak sih MV yang lain, seperti LaLaLa, Sunset Glow, Gara Gara Go, Beautiful Hangover, Last Farewell, dll. Tapi standar aja sih buat gue, no offense buat para VIP yak! Selain itu, ada beberapa MV dari proyek solo mereka....

• GD & TOP - Knock Out



Ini adalah lagu dan MV favorit gue dari proyek duet rap GD-TOP. Lagunya brainwashing dan bikin gue pengen joget-joget gak karuan. Sebenernya selain Knock Out ada Don't Go Home yang MVnya kayak lembaran-lembaran komik US, trus High,High yang jadi lagu wajib dugem (sampe dibikin mashup-nya sama lagu LMFAO), sampe Baby, Goodnight yang romantis dan seksi.



• GD - That XX



Album solo kedua dari sang leader yang super sensasional dan jenius yang baru aja rilis beberapa bulan kemaren. That XX adalah single kedua yang rilis setelah One of A Kind. Lagunya mellow, dan mengingat kualitas GD yang gak sebagus penyanyi lainnya, justru lagu ini yang paling menonjolkan kekuatan dan karakter suaranya. Lirih dan sepi, kayaknya GD emang berbakat nulis lagu-lagu semacam ini. Ada juga Crayon yang absurd dan full color serta One of A Kind yang gangsta like.

Ada juga lagu-lagu yang gak dijadikan video klip, namun wajib denger karena oh-so-cool seperti..

• Cafe
Suara GD yang melengking sebagai reff, dan TOP yang bebas ngerap. Dan Taeyang serta Daesung yang bikin cooling down. Super catchy dan bikin adem. Denger lagunya sih bikin gue pengen nyeruput coffee espresso double shot ;p

• Love Dust
Lagunya bikin gue ngerasa nyaman dan damai. Suara Taeyang menenangkan gue, saat denger lagu ini, apapun mood gue, pasti berasa lagi naik mobil sport merah dengan angin menerpa wajah gue. Damai.

• Bingle Bingle
Dengerin aja deh, gue suka suka suka banget suara Taeyang dan Daesung disini.

• Ego
Ada 2 versi sebenernya, bahasa korea dan jepang. Favorit gue adalah yang versi jepang. Gue bisa ngebayangin mereka terbaring di meja operasi dililit plastik seluruh tubuh, ketakutan sambil nyanyi "You are so beautiful, I..." sementara gue tersenyum penuh puas sambil menimang-nimang pisau. Please, pake ide gue ini buat video klip mereka, pretty please!! (Dan ide ini akhirnya gue realisasikan di cerpen gue : Porcelain Doll)

Dan...ternyata gue udah ngebacot banyak banget. Agak sedikit terlalu antusias yak. Jadinya bias dan mungkin bukan seperti tulisan gue yang biasanya, hehehe. Biarlah! Well, mudah-mudahan buat kalian yang baru kenal hype Big Bang ini bisa suka.

 Thanks for reading!

0 komentar: