Jember Fashion Carnival Fashion Show : Triangle

00.32 Unknown 0 Comments

Karena saya bekerja di dunia kecantikan, acapkali saya sering menghadiri berbagai event fashion yang diadakan di Jakarta atau di kota-kota lainnya, dimana kantor saya turut berpartisipasi. Apalagi karena posisi saya memang mengharuskan saya untuk bisa hadir di acara seperti ini, terkadang pekerjaan saya bisa jauh dari kata membosankan.

Salah satunya ketika kantor saya bekerja sama dengan ESMOD, sekolah fashion design kenamaan di Jakarta pada 5 - 7 Juni 2-14. Acara yang bertajuk ESMOD Fashion Festival ini bertempat di Kemang Village, dimana selain ada pameran busana hasil rancangan para alumni, ada banyak fashion show yang diadakan.

Salah satu yang paling menarik perhatian dan ada di daftar wajib tonton saya adalah Jember Fashion Carnival (JFC). Tahukah kamu kalau JFC adalah sebuah festival yang rutin diadakan setiap tahun di Jember yang menggabungkan konsep fashion dan karnaval di dalamnya? Acara ini bahkan sudah begitu mendunia, sehingga ketika diadakan, fotografer kelas dunia beramai-ramai datang bertandang ke kota Jember hanya untuk mengambil foto-foto unik dan indah dari parade JFC ini.

Didirikan di tahun 2001 oleh Dynard Fariz, awalnya JFC ini terinspirasi dari Reog Ponorogo yang sering berparade di jalan-jalan raya. JFC kini bahkan dikenal sebagai salah satu parade karnaval terkenal di dunia, selain festival di Rio de Janeiro dan festival lainnya. Uniknya lagi, pakaian yang ada dirancang, didanai, dan dipakai sendiri oleh sang perancang. Sedangkan untuk pendanaan acaranya sendiri, sampai saat ini JFC diadakan berdasarkan hasil swadaya masyarakat dan bekerja sama dengan pemerintahan  daerah. 

Keren ya, ketika kreatifitas berpadu dengan kearifan budaya lokal seperti ini, hingga akhirnya bisa jadi sangat terkenal di mata dunia. Tema desainnya pun berganti di setiap tahun penyelenggaraannya. Dan untuk tahun 2014, tema yang diambil adalah 'Triangle'. Ini maksudnya adalah keseimbangan antara manusia dengan kekuatan alam dan Tuhan, yang membentuk segitiga. Dan di ESMOD Fashion Show 2014, ditunjukkan beberapa busana yang akan diparadekan pada Agustus di Jember nanti. Beruntung sekali saya malam itu! :)

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai JFC, atau bahkan ingin menonton langsung di Jember, kamu bisa cek disini. Dan ucapan terima kasih saya ucapkan untuk rekan kerja saya malam itu, Dani (www.hayhelodani.weebly.com atau IG : heyhelodani) yang bersedia membagikan foto-foto yang ia ambil untuk bisa kita nikmati bersama, enjoy


Center of Attention malam itu, lucu banget :3

Yang satu ini Jakarta banget!!

Inspirasi dari festival Venice, cantik tapi creepy yaa



Ini favorit saya, simply karena otot sixpacknya ;p
Fokus ke...yah, end of discussion :p

Interpretasi akan Mahabrata, keren banget ya?


By the way, ini video teaser dari JFC 2014, keren pake banget!!


note : Ini adalah tulisan hari keenam untuk #30HariMenulis, sebuah ajang menulis selama sebulan penuh di bulan Juni yang diadakan oleh teman-teman di laman facebook saya. Dan saya masih hutang 4 tulisan lagi sampai saat ini :p

0 komentar: