Review : Flight ( 2012 )

09.36 Indanavetta 2 Comments


FLIGHT
"A Welcome back gift from Zemeckis"















Director : Robert Zemeckis
Screenplay  : John Gatins
Cast    : Denzel Washington, Don Cheadle, Melissa Leo, Kelly Reilly, John Goodman, Bruce    Greenwood

                Robert Zemeckis adalah alasan gue ada di tahap ini. Tanpa beliau, entah apa jadinya gue sekarang. Lebay? Mungkin. Tapi serius deh, Forrest Gump adalah cinta pertama gue, film yang menarik gue ke arah sekarang, dan walau gue kini lebih condong ke arah drama dengan tema depresif, ada masa dimana dulu gue sangat menyukai genre drama yang sangat inspirasional, dan Forrest Gump sudah pasti ada di daftar pertama. Setelah lama tidak menyutradarai film live action (terakhir Cast Away dan What Lies Beneath di tahun 2000), Zemeckis akhirnya kembali memperlihatkan kepiawannya dalam Flight.

 Capt. William 'Whip' Whitaker (Washington) adalah seorang pilot senior yang juga seorang alkoholik sekaligus gemar memakai kokain. Dalam penerbangan SouthJet Flight 227 menuju Atlanta, pesawat mengalami terjun bebas dan bau kematian sudah kental tercium di udara. Dengan bantuan sang kopilot, Ken Evans (Gerarthy), Whip mengambil manuver membalikkan pesawat sebelum akhirnya menghantam tanah, dengan hanya mengakibatkan korban jiwa 6 orang termasuk 2 awak pesawat dari total 102 orang. Sebuah usaha penyelamatan yang nyaris mustahil dan kontan Whip menjadi seorang pahlawan. Namun kemudian diketahui adanya kadar alhokol dan narkotik dalam tubuhnya, dan sontak terjadi pertanyaan besar : apakah kecelakaan pesawat tersebut adalah akibat kerusakan atau justru ulah dari Whip sendiri?

Menurut gue, Flight adalah salah satu film dengan paruh awal terbaik, ketika Zemeckis langsung menghantam tensi penonton melalui kecelakaan pesawat yang begitu menegangkan. Ada banyak film bertema disaster seputar kecelakaan pesawat terbang, dan Flight menawarkan scene terbaik yang pernah ada. Sensasi menontonnya bahkan mengingatkan gue dengan pengalaman naik high speed roller coaster, menyesakkan dada dan ikut ketakutan, padahal gue gak berada di dalamnya. Kemudian paruh kedua hingga akhir menawarkan drama dengan kekuatan akting yang sangat memukau dari semua jajaran  castnya, terutama dari sang leading actor Denzel Washington.


Denzel Washington, aktor pemegang 2 piala Oscar ini adalah salah satu aktor Hollywood terbaik yang ada kini. Banyak film-filmnya yang begitu memorable sepanjang perjalanan karirnya, sebut saja The Manchurian Candidate, John Q, Remember The Titans, Malcolm X, dan favorit gue Philadelphia. Washington yang juga langganan bermain dalam film-film alm. Tony Scott ini kini mungkin tidak terlalu terdengar gaungnya, dimana dia lebih sering terjebak dalam karakterisasi yang setipe dalam film-filmnya seperti The Unstoppable, The Taking Pelham 123, dan Safe House. Dalam kerjasama pertamanya dengan Zemeckis, Washington memerankan tokoh Whip dengan sangat meyakinkan dan sempurna, salah satu karakter paling kompleks dengan penjiwaannya yang sangat baik. Bagaimana di awal diceritakan karakter Whip yang begitu arogan dan bajingan, hingga kemudian dia mengalami pergulatan batin, larut dalam minuman keras yang ia tenggak bagaikan air, hubungannya dengan sang mantan istri dan anak, hingga ke sebuah pertanyaan besar yang selalu mengetuk-ngetuk nuraninya, bahwa hidup adalah mengenai kejujuran. One of the best roles he ever played in his carrier, and he deserve for an Oscar nominee

                Faktor lain keberhasilan film ini tentu bukan hanya karena Washington saja. Semua cast, bahkan yang muncul hanya sebentar, menunjukan kualitas akting yang bukan main-main, sesuai dengan porsi masing-masing. Semuanya bermain dalam satu harmonisasi yang indah dengan Washington sebagai pusat dari universenya, menginterpretasikan naskah dari John Gatins, yang terinspirasi dari kejadian nyata ini dengan sangat baik, sehingga film dengan durasi sepanjang 138 menit ini menjadi salah satu pengalaman menonton yang sangat memorable buat gue.


                For me, overall Flight definitely is one of the best movie I watch in this early 2013.  Dan nominasi di kategori Best Actor dan Best Original Screenplay rasanya sudah sangat pantas, walau tidak memberikan nominasi untuk Zemeckis (toh, contender tahun ini cukup berat). Sebuah paket lengkap yang sangat mengenyangkan, menegangkan, sekaligus mengharukan. Melihat harmonisasi dari akting para pemain terutama Washington, naskah padat bergizi dari Gatkins sekaligus penyutradaraan Zemeckis yang padat membuat gue kembali teringat dengan masa ketika pertama kali gue menonton Forrest Gump. Sebuah perasaan yang begitu utuh, yang sudah sangat jarang gue dapatkan dari sebuah pengalaman sinematik. Sebuah kado dari kembalinya Zemeckis, kado yang teramat sangat manis.

                Dan gue teringat dengan sebuah memorable quote, “Kebohongan hanya akan melahirkan kejahatan baru” rasanya sangat sesuai dengan tema film ini. And just like Whip said, “For the first time in my life…I’m free.”
                Welcome back, Mr. Zemeckis!



Review ini juga dimuat di Layar Tancep

2 komentar: