Review : Seven Psychopaths ( 2012 )

17.47 Indanavetta 0 Comments

 SEVEN PSYCHOPATHS
I Won't Take Any Shih Tzu!!

Director : Martin McDonagh
Screenplay : Martin McDonagh
Cast : Collin Farrell, Sam Rockwell, Woody Harrelson, Christopher Walken

Biasanya, film yang menampilkan kehadiran psikopat jumlahnya paling banyak 2 atau 3, misalnya Hannibal Lecter series. Tapi di film komedi terbaru dari Martin McDonagh ini tidak hanya menampilkan satu, dua, atau tiga psikopat, melainkan tujuh psikopat sekaligus!!
Seven Psychopaths sendiri adalah film kolaborasi kedua dari McDonagh-Farrell setelah In Bruges di tahun 2008 lalu. Pertama kali tayang pada tanggal 7 September 2012 di Toronto Film Festival, filmnya sendiri kini tayang di salah satu jaringan bioskop Indonesia secara eksklusif.

Martin (Farrell) adalah seorang penulis skenario di Hollywood yang sedang memiliki masalah dengan alkohol dan naskah filmnya mengalami kebuntuan ide. Dibantu untuk menulis skenarionya oleh para sahabatnya, Billy (Rockwell) dan Hans (Walken), mereka malah terlibat masalah dengan bos mafia, Charlie (Harrelson) dan seekor anjing Shih Tzu bernama Bonny.
Absurd, cerdas, dan lucu adalah kesan saya setelah selesai menonton film ini. Filmnya sendiri tidak berjalan linear, ada banyak percampuran antara fiksi dan nyata, layaknya Black Swan-nya Aronofsky. Uniknya, walau filmnya sendiri berjalan dengan absurd, tapi tidak membuat saya kebingungan menebak batas realita dan khayalan atau justru kehilangan minat dalam menontonnya, karena ada hal-hal yang unik dan tak terduga membuat saya tertawa begitu lepas.

Martin McDonagh yang juga menulis sendiri naskahnya, membuat film ini begitu lepas, penuh kegilaan, sekaligus satire. Saya salut karena film ini sebenarnya banyak menyorot sisi kegelapan manusia, yang justru diparodikan dengan begitu cerdas. Alur filmnya bagaikan roller coaster, ada saat-saat dia naik dan turun. Namun ketika alurnya 'naik', dia seolah membalas dendam ketika temponya 'turun', begitu menendang di tempat yang tepat, namun tidak berlebihan. Erik Kohn dari IndieWire bahkan berpendapat bahwa skenario dari McDonagh ini layaknya perpaduan Quentin Tarantino dan Aaron Sorkin. Dan saya setuju dengan pendapat ini, karena memang Seven Psychopaths adalah gabungan dari keduanya. Begitu gory, bloody, and yet very clever and full of satire humor.
Collin Farrell bermain dengan manis disini. Sebagai seorang tokoh utama yang berperan sebagai penulis skenario, dia cenderung menarik diri dan lebih menjadi pemerhati di lingkungannya, membiarkan semua kegilaan ini berjalan. Namun lewat ekspresi wajahnya saja, kita sudah bisa terpingkal-pingkal. Christopher Walken menjadi yang paling bijaksana diantara mereka bertiga, dengan segala keanehan dan kegilaannya. Dengan penampilannya yang begitu flamboyan, saya tidak menyangka datangnya twist mengenai karakter Hans. Lalu ada Woody Harrelson, dimana karakter Charlie sebenarnya mengingatkan saya pada perannya di film Zombieland. Kasar, slengean, dan jahat namun ternyata menyimpan sisi melankolis dan cinta yang berlebihan terhadap anjingnya, Bonnie. Dan diatas semua itu, pujian tertinggi layak saya sematkan kepada Sam Rockwell, yang dengan begitu brilliantnya memerankan Billy, sosok yang begitu gila dan jenius pada saat yang sama, sosok yang begitu menghidupkan film berdurasi 110 menit ini, sosok yang begitu menonjol dari banyaknya karakter yang ada. Sebuah performa yang solid dan konsisten, dan saya bahkan tak tahu mau menulis apa lagi mengenai Billy.

So yea, overall Seven Psychopaths mungkin tidak terlihat begitu menjanjikan, apalagi dibandingkan dengan euforia Breaking Dawn Part 2, tapi really, film ini bisa jadi alternatif yang sangat baik dan menyegarkan. Ada banyak film komedi yang bertema 'boys will be boys', tapi mungkin hanya Seven Psychopaths yang sejauh ini menunjukkan sebuah alur absurd dengan selera komedi yang cerdas dan satire, karakterisasi yang menawan dan dibalut dengan ending yang tidak biasa. And trust me, after watching this, you won't dare to take any Shih Tzu, because I won't.
Trailer :
 

0 komentar: