Review : Blue Valentine

20.01 Indanavetta 0 Comments


Blue Valentine (2010)

Director : Derek Cianfrance
Screenplay : Derek Cianfrance and Joey Curtis
Cast : Ryan Gosling, Michelle Williams

Image


















Ryan Gosling is quality guarantee lately. Film-filmnya selalu menjanjikan sesuatu. Dan kita cukup beruntung bisa terus menyaksikan akting primanya dalam beberapa tahun belakangan. Salah satunya adalah Blue Valentine.
Blue Valentine mengisahkan tentang sebuah pasangan suami istri bernama Dean (Gosling) dan Cindy (Williams) dan anak mereka Frankie (Wiadyka) yang tinggal di sebuah pinggiran kota. Seiring dengan berjalannya cerita, kita diajak untuk melihat transformasi hubungan mereka berdua dengan alur yang maju-mundur.
Menonton Blue Valentine sedikit banyak mengingatkan gue sama 500 days of Summer. Bedanya adalah, tema yang ditawarkan lebih kelam dan berat. Namun nyata. Pergerakan alur maju mundurnya sangat terasa namun smooth dan lancar. Antara masa kini dan masa lalu begitu kontras, sehingga gue bisa dengan mudah menganalisa hanya dari ekspresi wajah keduanya.
Agak ga nyaman sebenarnya sama teknik-teknik pengambilan gambar yang sering menyorot dari belakang atau samping, gue merasa seolah-olah gue mengintip keseharian Dean dan Cindy. Karena rasanya bukan nonton film. Rasanya seperti melihat kehidupan orang biasa betulan, dengan permasalahan mereka yang nyata.
Akting Gosling seperti biasa, sangat believable dan lovable dalam saat yang bersamaan. Aktingnya selalu menyenangkan untuk ditonton, dan sebagai Dean yang begitu keras dalam berjuang, untuk cintanya dan untuk keluarga…it’s quite warming my heart but still it hurt too. Dan Williams berakting sama baiknya dengan Gosling, berakting berlawanan dengan apa yang dilakukan Dean. Dan membuat gue cukup membenci tokoh Cindy, walau apa yang dia lakukan sangat manusiawi dan masuk akal.
Pada akhirnya, cinta saja tidak cukup. Dan kisah cinta tidak berakhir di pelaminan, justru dimulai darisana. Ketika sebuah hubungan berakhir, ada banyak aspek terjadi di dalamnya. Ketidakpuasan terhadap satu sama lain. Tidak adanya rasa saling menghargai satu sama lain. Dan juga ketika rasa cinta yang ada tidak terus menerus dipupuk. Dan ini tidak bisa dilakukan hanya dari satu pihak saja.
Overall 3,5/5 for me :) .

Official trailer :



0 komentar: