Movie Review : Rosemary's Baby

19.51 Indanavetta 0 Comments


Rosemary’s Baby (1968)
Director : Roman Polanski
Screenplays : Roman Polanski
Cast : Mia Farrow, John Cassavetes, Ruth Gordon, Sidney Blackmer

 Image


Kira-kira di pertengahan tahun 2011 kemarin, di salah satu thread di forum film, yang sedang membahas film-film yang paling menyeramkan sepanjang masa, ada beberapa teman yang menulis Rosemary’s Baby. Gue bukanlah penikmat film horor. Alasannya sederhana : takut. Tapi dari judulnya saja udah bikin gue lumayan penasaran dan mulai mencari-cari sendiri info tentang film ini. Ternyata filmnya lebih ke psychological thriller dibanding hantu-hantuan. Aman ternyata, pikir gue saat itu sampai akhirnya menonton dan membuktikan sendiri Rosemary’s Baby ini.
Pasangan suami istri Woodhouse baru saja pindah ke sebuah apartemen. Sang suami Guy (John Cassavetes) adalah seorang aktor yang sedang menapaki karir dan istrinya Rosemary (Mia Farrow) yang sangat mendukung karir Guy. Awalnya mereka agak kurang senang dengan tetangga mereka, sepasang suami istri tua bernama Roman (Sidney Blackmer) dan Minnie Castevet (Ruth Gordon) yang sangat annoying dan usil. Hingga ketika mereka makan malam bersama dan kemudian Guy tiba-tiba menjadi sangat akrab dengan Roman. Lalu kemudian Rosemary mengandung, dan dia mulai mencurigai bahwa suami dan tetangganya memiliki misi sendiri terkait dengan bayi yang dikandungnya. Apakah itu hanya khayalan Rosemary belaka atau memang kenyataan?

Polanski memulai filmnya dengan scene pemandangan kota New York dan suara seorang wanita bernyanyi lullaby. Tensi ketegangannya dan seramnya bahkan sudah dimulai dari situ. Gue ga bisa mengenyahkan perasaan ketakutan walaupun nyaris tidak ada sosok menyeramkan disini (yang justru malah semakin menakutkan). Kita sebagai penonton diajak untuk ikut merasakan ketakutan dan kecurigaan Rosemary dari awal hingga akhir. Dari sisi akting, Mia Farrow tampil sangat meyakinkan. Membuat kita bertanya-tanya apa benar yang dia rasakan sepanjang film ini adalah kenyataan apa tidak. Dan lawan dari akting memukau Mia adalah Ruth Gordon, yang berakting sebagai tetangga paruh baya yang sangat annoying sekaligus protektif namun ternyata menyimpan rahasia. Dan jangan lupa dengan endingnya yang sangat di luar dugaan. Bener-bener membuat gue menobatkan Rosemary’s Baby sebagai salah satu film yang sangat disturbing sekaligus menyeramkan. Believe me.
Overall : 4,9/5 for me.

Trailer :

0 komentar: